Bahaya Akibat Gigi Berlubang Bagi Kesehatan Penyebab Kematian

Bahaya Akibat Gigi Berlubang Bagi Kesehatan-Banyak orang yang bilang bahwa sakit gigi rasanya sangat sakit sekali, bahkan sebagian dari mereka ada yang mengatakan bahwa sakit gigi rasanya lebih sakit dari rasa sakit yang lain. Bagi anda yang belum pernah mengalami sakit gigi jangan sampai anda mengalaminya. Sakit gigi tidak hanya terasa sakit di bagian gigi saja, namun seluruh bagian kepala juga akan merasakan sakitnya.  Seperti sulit tidur, mudah marah, dan konsentrasi terganggu. 
Bahaya Akibat Gigi Berlubang Bagi Kesehatan

Oleh sebab itu, rajinlah merawat gigi dengan cara rutin menggososk gigi dan sering melakukan cek up kedokter gigi secara rutin. Dengan begitu, apabila ada kemungkinan gigi berlubang, maka anda akan mengetahuinya dan mudah untuk mencegah serta mengatasinya. Sebenarnya sakit gigi disebabkan oleh lubang gigi yang memiliki dampak buruk bagi kesehatan lainnya, khususnya dapat mengganggu kerja otak. 

Sebagian besar kasus gigi berlubang akan terjadi penimbunan nanah, apabila tidak segera ditangani dengan tepat. Dengan begitu, bakteri akan menumpuk pada proses abses di bagian gigi berlubang yang akan menyebar kesemua organ tubuh melalui pembuluh darah. Pada umumnya mulut semua orang telah dipenuhi dengan berjuta bakteri. Apalagi ditambah dengan abses pada gigi berlubang, maka jumlah bakteri akan semakin banyak. 

Yang paling bahaya yaitu pada saat seluruh bakteri masuk pada aliran pembuluh darah, lalu akan bercampur dengan darah sehingga akan menyebar keseluruh tubuh. Dan hanya kita tunggu dimana bakteri yang ikut aliran darah akan berhenti. Bisa saja berhenti di bagian jantung, ginjal, persendian dan otak. Sehingga bakteri akan berhenti dan hinggap, kemudian menggerogoti organ tubuh yang lemah. 

Sebagian medis menyebutkan factor yang dapat menimbulkan terjadinya gigi berlubang yaitu kondisi yang seperti ini dikarenakan adanya pembusukan di salah satu bagian gigi. Selain itu, ada semacam pertemuan antara bakteri dan zat gula pada gigi yang tidak dibersihkan. Kemudian bakteri tersebut akan mengubah zat gula menjadi rasa asam.

Dan akhirnya asam inilah yang membuat kondisi gigi menjadi asam pula, oleh sebab itu menimbulkan lubang kecil pada gigi. Akan tetapi, pada saat lubang tersebut mulai tumbuh, memang anda tidak langsung merasakan sakit. Lubang yang mulai muncul lagi dapat membuat sela untuk sisa makanan yang mengendap di bagian gigi. Sehingga bakteri lama-kelamaan akan membuat lubang menjadi besar. 

Kondisi tersebut yang akan menimbulkan rasa sakit gigi berlubang. Hal yang harus diketahui bahwa gigi berlubang dapat mempengaruhi kerja otak. Hal ini dikarenakan banyak bakteri yang berhenti pada otak. Kondisi inilah yang mempengaruhi kualitas hidup serta menurunkan aktivitas setiap hari. Selain mengganggu fungsi otak, gigi yang berlubang akan menyebabkan terjadinya penyakit paru-paru, ginjal, dan penyakit yang lainnya. Apabila tidak segera ditangani secara tepat dapat menimbulkan penyakit serius lainnya. 

Itu dia bahaya akibat gigi berlubang bagi kesehatan . Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuan kita tentang bahaya dari gigi berlubang.