Penyebab Gigi Berlubang Pada Anak Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Gigi Berlubang- Gigi berlubang adalah salah satu penyakit yang sering dialami oleh setiap orang, baik itu orang tua maupun anak-anak. Akan tetapi, masalah yang satu ini sering menyerang anak-anak. Memang anak-anak sangat rentan mengalami gigi berlubang, apalagi jika ibu kurang baik menjaga makanan yang mereka konsumsi. Gigi berlubang dapat menimbulkan rasa sakit yang luar biasa, apalagi anak-anak yang mengalaminya. Tentu mereka akan sangat rewel.

Berikut beberapa penyebab gigi berlubang pada anak, antara lain :

1. Malas membersihkan gigi
Mungkin kebanyakan anak-anak belum terbiasa menyikat gigi, akan tetapi bukan berarti ibu membiarkan gigi mereka tidak digosok. Untuk masalah yang satu ini, ibu harus mengajarkan cara membersihkan gigi dengan benar, memberi pengertian mengenai dampak buruk apabila tidak membersihkan gigi, dan membiasakannya untuk menggosok gigi. 

2. Sering mengkonsumsi makanan yang manis 
Hal yang satu ini bisa jadi penyebab utama gigi berlubang dan keropos  pada anak-anak, sebab sebagian besar anak-anak yang menyukai makanan manis. Apabila ibu tidak mengawasi apa yang mereka makan, maka dapat mengakibatkan gigi berlubang yang tentu tidak ibu sukai. Hal ini disebabkan makanan manis merupakan salah satu makanan yang disukai kuman di dalam mulut. Semakin makanan manis dan lengket  maka akan semakin susah untuk dibersihkan. Dengan begitu akan semakin mudah kuman untuk berkembang di dalam mulut.

3.Tidur setelah makan
Hal ini tentu menjadi masalah apabila sebelum tidur anak tidak membersihkan giginya terlebih dahulu, yakni dapat mengakibatkan gigi berlubang. Hal yang perlu diketahui bahwa setelah makan kondisi mulut akan bersifat asam sehingga akan memerlukan air liur yang cukup banyak guna menetralisirkan kondisi asam tersebut. Ketika tidur, maka air liur akan diproduksi oleh mulut yang tidak terlalu banyak. Apabila mereka membersihkan gigi tidak tepat, maka kemungkinan besar akan mengalami gigi berlubang. Anak harus dibiasakan untuk menggosok giginya pada saat mandi, baik itu mandi pagi maupun mandi sore. Jika tidak, maka sisa-sisa makanan akan menempel pada gigi serta kuman akan mudah berkembang. 

4.Sering mengkonsumsi minuman bersoda
Walaupun jarang anak-anak yang suka minum minuman bersoda, namun ada beberapa dari mereka yang sangat suka. Apabila ibu tidak mencegahnya, maka ini dapat memicu terjadinya gigi berlubang. Hal ini dikarenakan minuman bersoda mempunyai tingkat keasaman yang cukup tinggi, sehingga mengakibatkan terjadinya demineralisasi pada gigi yang kemudian akan membentuk lubang pada gigi.

Cara mengatasi gigi berlubang pada anak, yaitu :

  1. Daun cabai merah dapat dimanfaatkan sebagai obat gigi berlubang yaitu dengan memetik daun cabai merah dan getahnya, kemudian getahnya diteteskan di bagian gigi yang berlubang.
  2. Batang kemuning dengan cara dibakar sampai mengeluarkan minyak, kemudian teteskan di bagian gigi berlubang.
  3. Air garam gunakan untuk berkumur, larutkan dengan air hangat.

Itu dia informasi yang bisa kami bagikan untuk kali ini seputar Penyebab Gigi Berlubang Pada Anak Dan Cara Mengatasinya. Semoga bermanfaat

Penyebab Gigi Berlubang Pada Anak Dan Cara Mengatasinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Via Vallen - Vyanisty Chanel - Dangdut Koplo