Penyebab dan Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa Secara Alami Sangat Efektif

Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa- Ketika Kita menjalankan ibadah Puasa di bulang ramadhan tentu ada satu permasalahan seputar kesehatan yang mengganggu yakni bau mulut, nah untuk itu kita harus bisa mengatasi bau mulut ketika menjalankan puasa karena tidak mungkin permasalahan bau mulut ini menganggu dan membuat kita tidak percaya diri saat berbicara dengan orang lain. ada beberapa penyebab kenapa kita mengalami bau mulut saat menjalankan puasa.silahkan simak penyebabnya dibawah ini

cara menghilangkan bau mulut saat puasa

Penyebab-penyebab Bau Mulut saat puasa

  1. Ketika kita sedang berpuasa, mulut akan menjadi lebih kering karena produksi air liur yang kurang karena tidak ada makanan yang masuk, sehingga pada kondisi seperti ini tingkat keasaman mulut akan naik dan bakteri tumbuh dengan subur dan mengakibatkan timbulnya bau yang kurang sedap pada mulut. 
  2. Sisa bekas makanan yang masih tersisa pada sela gigi bisa menjadikan sumber bau, karena proses pembusukan sisa makanan itu dan menghasilkan komponen yang mudah sekali menguap dan hal seperti ini yang bisa menimbulkan bau yang kurang sedap apabila tercium.
  3. Selain itu, ada juga jenis jenis makanan yang pada saat terurai di dalam lambung akan mengeluarkan bau zat yang berada didalam makanan itu menuju ke paru-paru, dan hal ini dapat menimbulkan bau ketika kita bernapas. 
  4. Faktor lain yang dapat menyebabkan bau mulut ialah penyakit yang ada pada daerah mulut. Seperti halnya penyakit peradangan pada gusi, gigi berlubang, dan penyakit lainnya. 

Tips Mencegah Bau Mulut Saat Berpuasa

  • Usahakan pada saat berbuka dan sahur minum air putih sebanyak 8-10 gelas, dengan mencukupi kebutuhan minum pada saat buka dan sahur bisa mengurangi bau mulut pada siang hari. 
  • Menggosok gigi dan lidah dengan cara yang sempurna juga bisa mencegah bau mulut ketika puasa. Cara seperti ini bertujuan untuk membersihkan mulut dari makanan yang tersisa dan menyenankan bau tidak enak.
  • Minim teh hijau tanpa diberi gula ketika buka dan sahur juga akan mengurangi bau pada mulut. Kandungan zat polyphenol yang berada didalam teh hijau berguna membersihkan bakteri di rongga mulut. Dengan minum teh hijau baik pula untuk para perokok sebab bisa mengurangi peradangan dan gangguan pada pernafasan.
  • Menghindari makanan yang memiliki bau kurang sedap seperti petai, durian, dan juga jengkol.
  • Mengurangi merokok atau berhenti tidak merokok pada waktu buka dan sahur. 
  • Tidak makan makanan yang lengket misalnya cokelat, biskuit, es cream dan lain sebagainya. Makanan yang lengket seperti ini sulit untuk dibersihkan, dan pada waktu yang lama akan mengakibatkan bau pada mulut.
  • Menggunakan obat kumur supaya mendapat hasil mulut yang lebih bersih dan maksimal.
  • Memakai benang gigi untuk membersihkan sisa dari makanan di sela-sela gigi yang menyebabkan bau mulut.
  • Olaharaga ringan dengan teratur sebelum atau setelah berbuka juga sangatlah bermanfaat. Sebab olahraga bisa melepaskan zat yang beracun di dalam tubuh yang juga termasuk pemicu bau pada mulut. Tidur yang terlalu  lama juga memicu terjadinya bau mulut yang tidak enak.

Nah itu dia penyebab dan Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa. semoga bau mulut bukan lagi menjadi masalah bagi anda saat menjalankan ibadah puasa.

Penyebab dan Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa Secara Alami Sangat Efektif Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Via Vallen - Vyanisty Chanel - Dangdut Koplo